Cari

Read more: http://impoint.blogspot.com/2013/01/cara-membuat-kotak-search-box.html#ixzz2QsxbHPnU Dilarang copy paste artikel tanpa menggunakan sumber link - DMCA Protected Follow us: @ravdania on Twitter | pemakan.worell on Facebook

Minggu, 06 Oktober 2013

Tugas Saya : Organisasi, Manajemen dan Tata Kerja

Dalam artikel ini saya akan menuliskan pemahaman saya terhadap hubungan antara Organisasi, Manajemen dan Tata Kerja. Apa yang anda ketahui tentang organisasi? Organisasi merupakan hal yang tidak asing lagi bagi kita. Sebagai makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, manusia membentuk suatu oraganisasi tertentu untuk mengapai sebuah tujuan. Lalu, apakah arti organisasi? Organisasi dapat diartikan sebagai kumpulan beberapa orang yang bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu. Organisasi dalam bentuk apapun akan selalu ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Organisasi merupakan unsur yang dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat dengan beberapa alasan, seperti organisasi digunakan untuk mendapatkan sesuatu yang tidak mungkin dapat kita lakukan sendiri. Dengan bekerja sama individu-individu dapat menyelesaikan tugas-tugas yang akan sulit untuk dicapai jika dilakukan seorang diri, organisasi dapat menyediakan pengetahuan yang berkesinambungan serta dapat menjadi sumber karier yang penting.

Disamping organisasi, diperlukan juga usaha-usaha untuk mengelola kegiatan dan orang-orang maupun unsur lainnya yang ada didalam organisasi agar tujuan organisasi tersebut dapat tercapai dengan lebih baik. Semua bentuk organisasi dimana orang-orang bekerja bersama mencapai tujuan yang telah ditetapkan, membutuhkan manajemen. Manajemen diperlukan organisasi agar usaha pencapaian tujuan menjadi lebih mudah. Karna manajemen menjelaskan perlunya proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor yang diperlukan . Manajemen berasal dari kata manage yang berarti mengatur dan diartikan sebagai koordinasi semua suber daya melalui fungsi-fungsi yang ada di dalam manajemen untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Fungsi- fungsi tersebut meliputi fungsi perencanaan (plan), fungsi organisasi (Organization), fungsi pelaksanaan (Act), dan fungsi pengawasan (Controling).  Dalam managemen terdapat enam aspek yang diatur dapat disingkat dengan 6M yaitu, Man, Money, Machine, Material, Method, dan Market. Selain itu di dalam menajemen juga terdapat hal-hal yang harus ada yaitu Tujuan, Proses, Keahlian serta adanya pihak yang diatur dan pihak yang mengatur.

Selain Manajemen, agar tujuan dalam suatu organisasi dapai tercapai diperlukan juga sebuah tata kerja atau dapat disebut juga dengan metode. Metode atau tatakerja merupakan suatu cara atau pola agar sumber-sumber dan waktu yang tersedia dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mencapai tujuan dari sutu organisasi. Dengan tat kerja suatu organisasi dapat menghindari terjadinya pemborosan dalam penyalahgunaan sumber daya, serta menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.


Sehingga dapat disimpulkan bahawa hubungan antara organisasi, manajemen dan tata kerja adalah sebagai berikut. Organisasi merupakan sekumpulan dari orang- orang yang memiliki pandangan yang sama sehingga bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Dalam proses pencapaian tujuan tersebut tentunya diperlukan suatu manajemen yang mengelola kegiatan, sumberdaya dan unsure unsure lainnya dalam organisasi tersebut. Dalam proses pengelolaan manajemen diperlukan cara-cara atau pola untuk memanfaatkan sumber daya, tenaga dan waktu seefisien mungkin untuk mencapai tujuan dari organisasi. Jadi peranan manajemen dan tata kerja tidak dapat terpisah dari organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar