1.
Pendahuluan
Setiap
manusia tidak terlepas dari kehidupan di sekelilingnya, karena manusia adalah
makhluk yang tak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Itulah yang
menjadi sebab, manusia senang untuk membuat organisasi baik organisasi politik maupun
organisasi social lainnya. Organisasi merupakan element yang amat diperlukan
dalam kehidupan manusia. Dengan organisasi manusia dapat melaksanakan hal – hal
atau kegiatan – kegiatan yang tidak dapat dilaksanakan dengan baik secara
individu atau sendiri.
Pada
dasarnya kemampuan manusia dan kebutuhan manusia saling bertolak belakang. Kebutuhan
manusia yang tidak terbatas tidak dapat terpenuhi karena kemampuan manusia yang
terbatas. Oleh karena itu manusia
membentuk suatu perkumpulan dengan individu lain untuk bekerja sama mencapai
tujuan yaitu dapat memenuhi kebutuhannya. Agar tujuan tersebut dapat tercapai
manusia membuat pengorganisasian, pengarahan, pemotivasian maupun pengendalian
yang baik dari individu itu sendiri dalam melakukan sesuatu yang ingin
direalisasikannya.
2.
Organisasi, Manajemen dan Tata Kerja
2.1 Organisasi
Organisasi berasal
bara bahasa yunani organon (ὄργανον), yang berarti alat. Secara harfiah
organisasi diartikan sebagai suatu kelompok orang dalam suatu wadah
untuk tujuan bersama. Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh
beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama
dengan perwujudan sekelompok orang tersebut
terhadap masyarakat. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi
yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan
manfaat terhadap lingkungan sekitarnya. Orang-orang yang ada di dalam
suatu organisasi mempunyai suatu keterkaitan satu sama lain. Rasa
keterkaitan ini muncul karena adanya kesamaan visi dan misi serta tujuan dalam
suatu organisasi.
2.1.1 Definisi Organisasi Menurut Para Ahli
Terdapat
beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok sama satu
sama lain, dan ada pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnya digunakan
sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara
rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali,
dalam memanfaatkan sumber (uang, material, lingkungan) sarana-parasarana, data,
dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai
tujuan organisasi. Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi
sebagai berikut.
- Menurut James D. Mooney : organisasi adalah suatu bentuk kerjasama manusia untuk pencapaian tujuan bersama.
- Menurut Thester I. Bernard : organisasi merupakan suatu sistem kerjasama dari 2 orang atau lebih, sesuatu yang tak terwujud dan tidak bersifat perseorangan dan sebagian besar mengenai hal-hal hubungan.
- Menurut J. M. Gaus : organisasi adalah tata hubungan antar orang-orang untuk dapat memungkinkan tercapainya tujuan bersama dengan adanya pembagian tugas dan tanggung jawab.
- Organisasi adalah alat untuk tercapainya tujuan dari sebuah Hubungan manajemen dan organisasi manajemen.
2.1.1 2.1.2 Manfaat
Organisasi
- Untuk mencapai sebuah tujuan : Organisasi dibentuk dari tujuan-tujuan bersama yang berkaitan, maka pencapaian tujuan yang dilakukan oleh orang banyak atau dalam artian anggota sebuah kelompok lebih berpeluang untuk mencapai tujuan yang lebih maksimal dan efektif.
- Melatih mental bicara di publik : mental berbicara didepan umum tidak setiap orang bisa peroleh dengan mudah, harus dengan pelatihan lama dan berkala. Sebuah organisasi, kelompok belajar, atau kelompok studi ilmiah bagi para mahasiswa adalah sebuah wadah yang tepat untuk pengembangan public speaking.
- Untuk memecahkan masalah : karena dalam sebuah organisasi permasalahan adalah hal yang sangat sering terjadi, entah karena perbedaan pendapat atau permasalahan dalam segi fiskal sebuah kelompok. Pemecahan dari setiap permasalahan yang ada mengajarkan bagaimana harus bersikap dan menyikapi permasalahan yang ada dalam kehidupan masyarakat yang lebih kompleks dan majemuk.
- Sebagai ajang atau tempat berkumpulnya individu untuk mewujudkan tujuannya.
2.2 Manajemen
Manajemen
merupakan suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti
perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian/pengawasan, yang
dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui
pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya. Manajemen diperlukan
dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai keberhasilan tujuan . dalam
kehidupan sehari - hari manajemen harus terkordinir dengan baik. Contoh
manajemen di kehidupan sehari - hari ialah mengatur kehidupan rumah
tangga,suami ataupun istri harus kompak dalam membangun keluarga yang baik,baik
dalam keuangan , komunikasi agar keluarga tetap harmonis .
2.2.1 Pengertian Manajemen
Kata Manajemen berasal
dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan
dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara
universal. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur
dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
- Menurut Dr. SP. Siagian dalam buku “Filsafat Administrasi” Management dapat didefinisikan sebagai kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui oranglain.
- Menurut Prof. Dr. H. Arifin Abdulrachman dalam buku “Kerangka Pokok-Pokok Management” diartikan sebagai
- kegiatan-kegiatan/aktivitas-aktivitas,
- proses, yakni kegiatan dalam rentetan urutan-urutan,
- insitut/orang-orang yang melakukan kegiatan atau proses kegiatan.
- Menurut Ordway Tead yang disadur oleh Drs. HE. Rosyidi dalam buku “Organisasi dan Management “ mendefinisikan proses dan kegiatan pelaksanaan usaha memimpin dan menunjukkan arah penyelenggaraan tugas suatu organisasi di dalam mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan.
- Menurut Marry Parker Follet, manajemen adalah sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui oranglain.
- Menurut James A.F. Stonner manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang ditetapkan.
- Menurut Drs. Oey Liang Lee manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
- Menurut R. Terry Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.
- Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
2.2.2 Manfaat Manajemen
Luther
gullicik mengatakan fungsi manajemen adalah sebagai perencanaan,
organisasi, staf, penggerakan, pengarahan, pemimpin, motivasi, pengoordinasian,
pengendalian, laporan, operasional yang digunakan dan pembinaan dalam bekerja, Namun
pada intinya tetap sama bahwa fungsi manajemen yaitu :
- Forecasting atau peramalan terhadap rencana yang akan dibuat. Tujuannya agar bisa memperkirakan apakah tujuan tersebut harus dilakukan atau sebaiknya tidak perlu dilakukan.
- Planning yang berarti rencana. Setelah diprediksi dan mendapatkan hasilnya, maka membuat rencana dari mulai pertama hingga akhir. Pemikiran tentang apa yang akan dibuat dan dikerjakan adalah hal yang paling utama dalam suatu kegiatan. Pemikiran tentang keputusan yang akan dipilih, dari mana sumber yang akan didapat serta bagaimana pengerjaannya, semua itu termasuk di dalamnya.Pertanyaan yang dijawab oleh diri kita sendiri adalah langkah yang terdapat dalam proses perencanaan, dan pertanyaan tersebut bisa diawali dengan bagaimana cara memulainya hingga akhir yang harus dilewati. Beberapa pertanyaan tersebut misalnya apa yang harus dilakukan, mengapa melakukan itu, bagaimana caranya dan memulainya, kapan harus dilaksanakan dan dimana itu terjadi.
- Organisasi yang bertujuan sebagai tim dalam pelaksanaan kegiatan yang ingin dikerjakan, sehingga pelaksanaan dapat dengan mudah dikerjakan
- Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha.
2.3. Tata Kerja
Tata kerja
atau metode adalah suatu cara bagaimana agar sumber – sumber yang tersedia
dapat digunakan dengan waktu yang tersedia dan dapat digunakan dengan cara
teratur dan terarah dalam melakukan kegiatan manajemen.
2.3.1 Manfaat Tata Kerja
Tata kerja
yang teratur serta terarah membuat proses berlangsungnya kegiatan manajemen
semakin baik, tata kerja merupakan proses kegiatan kerja yang dilakukan secara
ilmiah dan praktis, selain itu pemakaian tata kerja juga dapat ditujukan untuk:
a. Menghindari terjadinya pemborosan dalam pendayagunaan sumber – sumber waktu yang tersedia.b. Menjamin pembagian kerja serta waktu secara terkoordinasi.
c. Menghindari masalah – masalah yang ada serta kesimpangsiuran dalam proses tujuan yang ingin tercapai.
3 . Analisis Hubungan Manajemen, Organisasi dan Tata Kerja
Organisasi
merupakan unsur yang dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat dengan beberapa
alasan, seperti organisasi digunakan untuk mendapatkan sesuatu yang tidak mungkin
dapat kita lakukan sendiri. Dengan bekerja sama individu-individu dapat
menyelesaikan tugas-tugas yang akan sulit untuk dicapai jika dilakukan seorang
diri, organisasi dapat menyediakan pengetahuan yang berkesinambungan serta
dapat menjadi sumber karier yang penting.
Disamping
organisasi, diperlukan juga usaha-usaha untuk mengelola kegiatan dan
orang-orang maupun unsur lainnya yang ada didalam organisasi agar tujuan
organisasi tersebut dapat tercapai dengan lebih baik. Semua bentuk organisasi
dimana orang-orang bekerja bersama mencapai tujuan yang telah ditetapkan, membutuhkan
manajemen. Manajemen diperlukan organisasi agar usaha pencapaian tujuan menjadi
lebih mudah. Karna manajemen menjelaskan perlunya proses kegiatan dan
pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor yang diperlukan .
Manajemen berasal dari kata manage yang berarti mengatur dan diartikan sebagai
koordinasi semua suber daya melalui fungsi-fungsi yang ada di dalam manajemen
untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Fungsi- fungsi tersebut meliputi
fungsi perencanaan (plan), fungsi organisasi (Organization), fungsi pelaksanaan
(Act), dan fungsi pengawasan (Controling).
Dalam managemen terdapat enam aspek yang diatur dapat disingkat dengan
6M yaitu, Man, Money, Machine, Material, Method, dan Market. Selain itu di
dalam menajemen juga terdapat hal-hal yang harus ada yaitu Tujuan, Proses,
Keahlian serta adanya pihak yang diatur dan pihak yang mengatur.
Selain
Manajemen, agar tujuan dalam suatu organisasi dapai tercapai diperlukan juga
sebuah tata kerja atau dapat disebut
juga dengan metode. Metode atau tatakerja merupakan suatu cara atau pola agar
sumber-sumber dan waktu yang tersedia dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk
mencapai tujuan dari sutu organisasi. Dengan tat kerja suatu organisasi dapat
menghindari terjadinya pemborosan dalam penyalahgunaan sumber daya, serta
menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.
Sehingga
dapat disimpulkan bahawa hubungan antara organisasi, manajemen dan tata kerja
adalah sebagai berikut. Organisasi merupakan sekumpulan dari orang- orang yang
memiliki pandangan yang sama sehingga bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan
yang telah ditentukan. Dalam proses pencapaian tujuan tersebut tentunya
diperlukan suatu manajemen yang mengelola kegiatan, sumberdaya dan unsure
unsure lainnya dalam organisasi tersebut. Dalam proses pengelolaan manajemen
diperlukan cara-cara atau pola untuk memanfaatkan sumber daya, tenaga dan waktu
seefisien mungkin untuk mencapai tujuan dari organisasi. Jadi peranan manajemen
dan tata kerja tidak dapat terpisah dari organisasi.
Referensi :
- http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pengantar_organisasi_dan_metode/bab1_arti_penting_organisasi_dan_metode.pdfTeori Organisasi Struktur, Desain, dan Aplikasi, (Jakarta: Arcan: 1994),
- Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga
- Wikipedia : id.wikipedia.org
- Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Gramedia.Hlm.75 sumber dari wikipedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar